Jumat, 20 November 2009

Dinosaurus Laut

Fosil Dinosaurus Bawah Laut Ditemukan
Minggu, 2 Maret 2008 - 16:35 wib
text TEXT SIZE :
Share

OSLO - Sebuah fosil dinosaurus dengan panjang 15 meter (50 kaki) yang dijuluki sebagai monster laut di temukan di pinggiran Norwegia. Temuan itu dianggap sebagai yang terbesar dari berbagai fosil yang pernah ditemukan.

Bayangkan saja, fosil dinosaurus ini memiliki geligi seukuran belati pada mulutnya, yang cukup besar untuk menelan sebuah mobil.

Seorang ahli paleontologi dari Museum Sejarah Nasionaldi Oslo, Joern Hurum menyatakan, fosil dinosaurus itu diperkirakan berumur 150 juta tahun pada era pliosaurus, seekor reptil laut buas.

Ukurannya lebih panjang lima meter dibandingkan temuan fosil pliosaurus sebelumnya yang ditemukan di Australia. "Ini spesies baru dan pliosaurus terbesar," tuturJoern Hurum, Paleontologis dari Natural History Museum, yang memimpin penelitian tersebut.

Dia menambahkan, fosil itu ditemukan saat penggalian di Kepulauan Svalbard yang berjarak 1.300 km dari Kutub Utara. Dia menuturkan, pliosaurus merupakan predator laut yang memiliki pangkat tertinggi dalam erajurasic.

Dia memangsa berbagai ikan dan reptil laut lainnya. Sementara itu, reptil sejenis lainnya seperti kelompok ichthyosaurus lebih besar 23 meter (75 kaki). (Sindo Sore//pie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar